Jay Subiakto Anggap Pemerintahan Jokowi Sudah Benar, tapi…

Jakarta: Seniman Jay Subiakto ikut melihat perkembangan kinerja pemerintahan di Indonesia. Dia menilai, kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berada di jalur yang benar meski masih ada beberapa hal harus dibenahi.

“Sekarang saya kira apa yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi sudah benar, tapi banyak orang-orang jahatnya. Itu yang seharusnya ‘dibersihkan’. Saya harapkan sekali bahwa kalau sudah term kedua, sebenarnya sudah nothing to lose,” kata Jay kepada Medcom.id di kawasang Kemang, Jakarta, Rabu, 26 September 2018.

Dia menambahkan, sistem pemilihan orang yang duduk di pemerintahan masih kurang efektif. Sebab, pemilihan berdasarkan dukungan dari partai politik, bukan berdasarkan rekam jejak.

“Yang paling bahaya adalah sistem kita. Kalau presiden harus punya rekam jejak yang baik. Kalau di sini, celakanya kita harus masuk ke salah satu partai. Dan partai menurut saya di Indonesia enggak ada yang benar.”

“Justru saya maunya anak muda sekarang harus, pemimpin yang baik harus mempunyai track record yang baik, bukan karena dia didukung oleh partai. Ini yang saya sedih, karena kita sudah punya orang baik tapi orang jahatnya masih banyak. Nah, ini yang harus dikurangi,” paparnya.

Lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia itu juga menyinggung soal kinerja pemerintah daerah yang dinilai mudah melakukan korupsi. Seperti belum lama ini terjadi korupsi massal yang dilakukan oleh pemerintah daerah kota Malang.

“Sekarang sih sudah benar. Bahayanya ternyata banyak nih dari zaman lama yang senang akan suap, yang senang akan sesuatu yang gampang masih terus berlangsung, ini yang saya bilang bahwa supremasi hukum dan peraturan harus tegas. Kalau bisa harus diubah, karena kita tahu yang ngaco yang namanya DPR itu yang katanya mewakili kita tapi hanya korupsi, dan kita lihat semua pemimpin daerah pasti terkait dengan kasus korupsi,” kata Jay.

Jay Subiakto adalah sutradara Indonesia yang memulai karier di bidang seni melalui pembuatan video musik. Pada era 90-an, Jay membuat video musik lagu Pergilah Kasih yang dipopulerkan Chrisye. Video ini menjadi karya pertama yang ditayangkan di channel MTV Asia saat masih bermarkas di Hong Kong.

Dalam silsilah keluarga, Jay merupakan keponakan langsung dari Tokoh Proklamator RI Mohammad Hatta.
 

(ELG)