Kriteria Pemimpin Idaman Indra Birowo

Jakarta: Sebagai pekerja seni, aktor Indra Birowo memiliki kriteria khusus untuk sosok pemimpin. Selain memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, dia berharap sosok pemimpin juga memiliki hati nurani.

“Harus punya hati nurani yang kuat banget untuk bisa membangun bangsa negara masyarakat Indonesia yang sangat bermacam-macam ini. Mulai dari budaya, pikiran, tingkah laku, macam-macam,” kata Indra di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa, 25 September 2018.

“Kedua, punya jiwa pemimpin yang bagus. Sementara nurani yang kuat banget juga untuk memimpin, jiwa pemimpin kuat karena berhadapan bukan hanya dengan dalam negeri tapi luar negeri,” lanjutnya.

Selain berhati nurani dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, pemimpin ideal menurut Indra adalah sosok yang mampu meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan mampu memberdayakan kekayaan alam di negara sendiri.

“Ketiga, pinginnya bisa menjadikan negara ini pengekspor yang diperhitungkan di dunia. Kenapa bisa begitu? Karena kalau mengekspor berarti industri di dalamnya juga kuat, dasar ekonomi juga bagus. Dengan seiring berjalannya waktu dan perkembangan industri dalam negeri jadi semangat dan menjadi punya banyak hasil yang bisa kita ambil buat negara sendiri.”

“Jadi, jangan terlalu bergantung dari luar negeri. Make Indonesia great again lah,” kata Indra.

Cerita Huang Hua, Legenda Bulu Tangkis Tiongkok yang Bermain Ketoprak di Klaten

Pengundian nomor urut capres-cawaprea telah dilakukan pada Jumat, 21 September 2018 di KPU Pusat Jakarta. Pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma’aruf Amin mendapat nomor urut 1 sementara pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2.

Usai pengambilan nomor Indra berharap pesta dekmokrasi tahun ini berjalan lancar dan tidak terjadi perpecahan seperti yang sempat terjadi empat tahun lalu.

“Mudah-mudahan harusnya kampanyenya damai. Berlomba-lomba untuk mempunyai image positif,” katanya.

(ELG)