Jay Subiakto Bersyukur Indonesia Memiliki Susi Pudjiastuti dan Risma

Jay Subiakto. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Sutradara Jay Subiakto berharap pemerintahan di Indonesia perlu diisi lebih banyak para profesional yang memang memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Namun sayangnya, Jay menganggap banyak kaum profesional enggan terjun ke dunia pemerintahan dan partai politik karena citra buruk yang dialamatkan kepada.

Meski begitu, Jay merasa banyak cara untuk mengabdikan diri pada negara tanpa harus masuk ke roda pemerintahan atau menjadi anggota DPR.

“Banyak sekali orang profesional yang baik, malas masuk partai. Karena lingkungannya begitu, ‘susah’. Buat saya, yuk kita berjuang saja sendiri. Kita melakukan apa yang bisa kita lakukan tapi untuk bangsa ini. Jadi, jangan terkait sama kekuasaan,” kata sutradara berusia 57 tahun itu kepada Medcom.id di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu, 26 September 2018.

Sebagai contoh, Jay melihat ada banyak perkembangan baik di dunia seni. Seperti musik independen yang perlahan tampak membaik dan tidak kalah menarik dari musik industri.

“Kita bisa kok independen di seni. Sekarang justru yang hebat musik independen yang enggak masuk di industri musik, punya pangsa pasar sendiri, juga di seni rupa. Ya sudahlah, kita bergerak sendiri. Mereka biar ribut saja sendiri dulu,” kata Jay.

Kendati menyebutkan banyak birokrat diduduki oleh orang-orang yang kurang kapabel, keponakan Mohammad Hatta ini masih memberikan apresiasi lebih bagi sosok perempuan menonjol di pemerintahan seperti Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.

“Tapi, paling enggak sudah ada orang-orang baik yang selama ini saya enggak pernah lihat sebelum-sebelumnya. Kita punya Ibu Susi Pudjiastuti, Ibu Tri Rismaharani. Saya kira itu orang-orang yang harus kita dukung terus dan bikin mereka jadi panutan,” paparnya.

(ELG)