Jay Subiakto Ingatkan Pentingnya Melihat Rekam Jejak Calon Presiden

Jay Subiakto. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 1 dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor urut 2 di Pemilihan Presiden 2019. Setelah pasangan calon ditetapkan, sutradara Jay Subiakto mengimbau masyarakat terutama anak-anak muda lebih dulu memperhatikan rekam jejak kandidat pemimpin yang akan dipilih.

“Kalau nomor urut hanya nomor. Yang penting rekam jejak orang itu. Yang penting kita harus tahu tentang sejarah. Banyak sekali kita yang sudah lupa sejarah. Apa yang terjadi? Kenapa tahun 1998 terjadi kekacauan seperti ‘itu’? Banyak sekarang anak-anak yang sudah lupa,” kata Jay ditemui Medcom.id di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 26 September 2018.

“Saya memaklumi karena banyak kaum milenials yang lahir di tahun 2000-an. Jadi, enggak tahu. Kalau tahun 1998 dia lupa, apalagi kita yang dijajah Belanda tiga setengah abad? Kita dibunuh, itu pada lupa semua. Malah kalau nonton bola mendukung Belanda. Jadi, harusnya bukan kita dendam, tetapi ‘dendam’ itu memicu kita untuk menjadi lebih baik,” lanjutnya.

Menurut Jay, generasi sekarang harusnya bisa melihat sejarah perkembangan negara China dan Korea. Kedua negara itu bisa berkembang pesat setelah terpuruk akibat perang.

“Kalau kita lihat China, mereka maju karena ada ‘dendam’ sama Jepang. Korea juga, maju karena ‘dendam’ perang Jepang. Jadi, mereka mau bagaimana bisa lebih hebat dari negara itu. Kita harus punya musuh untuk positif. Kalau sekarang kita enggak punya musuh, berantem sendiri,” paparnya.

(ELG)