Komentar Vicky Prasetyo soal Dunia Sepakbola yang Memakan Korban

Jakarta: Presenter Vicky Prasetyo ikut berbelasungkawa atas dunia suporter sepakbola Indonesia yang kembali memakan korban. Dia menilai, kematian Hiringga Sirila, suporter Persija yang meninggal dikeroyok suporter Persib adalah hal yang berlebihan.

“Fanatik boleh, tapi lebih mahal rasa sayang seorang ibu yang sangat melindungi anaknya, rasa sayang kakak yang melindungi adiknya. Kita harus bisa melihat sisi emosional itu. Bagaimana rasanya menjadi ibu-ibu,” kata Vicky kepada Medcom.id, Jumat, 28 September 2018.

Kasus Hiringga Sirila bukan hal baru di Indonesia. Dalam catatan rekam jejak peristiwa yang dirangkum LSM Save Our Soccer (SOS). Selama 23 tahun ini Haringga menjadi korban ke-56 yang tewas akibat fanatisme bola.

“Bukan hanya Hiringga aja, bukan hanya Almarhum. Beberapa orang sudah banyak meninggal bahkan tetangga saya sendiri ada yang meninggal karena ini. Sama, karena perseteruan ini. Tetangga dekat, tetangga kenal, tetangga kampung, terjadi perseteruan ini. Mungkin yang ter-publish sama media hanya beberapa orang tapi nyatanya lebih banyak daripada itu,” papar suami Angel Lelga tersebut.

Sebagai figur publik, Vicky menyarankan agar masing-masing pihak lebih mawas diri.

“Yang sudah terjadi tidak akan bisa kita kembalikan, biarlah semua proses hukum yang berjalan,” jelas Vicky.

“Sudah cukup yang berjatuhan kemarin berjatuhan, jangan sampai terulang lagi. Sepak bola kan hanya sebuah hobi, tapi kita merasakan bagaimana tangisan seorang ibu saat kehilangan anaknya, bagaimana tangisan seorang kakak saat kehilangan adiknya,” tukasnya.

(ASA)