Rudy Wowor Pernah Menjadi Penari Utama untuk Pertunjukan Rolling Stones

Jakarta: Aktor senior Rudy Wowor rupanya mengawali karier dari panggung menari bersama grup musik ternama Rolling Stones. Saat itu, Rolling Stones tengah melakukan pertunjukan keliling Eropa.

Fakta ini diungkap ketika aktor kelahiran Belanda itu sempat bertandang ke kantor Metro TV dalam acara Nite Time, sekitar Oktober 2016.

Dalam acara yang dipandu Farhan bersama Asri Welas saat itu, terungkap Rudy pernah menari dalam pertunjukan Rolling Stones.

“Tahun berapa itu, Pak?” tanya Farhan.

“’64,” seru Rudy.

Aktor berdarah Manado-Belanda itu kemudian banyak merambah dunia akting. Pada masa jayanya, dia mendapat banyak peran sebagai kompeni Belandan dan peran antagonis. Namanya pun masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) kategori Pemeran Pendukung Terbaik dalam film Cut Nyak Dien (1988).

Kabarnya Rudy Wowor menderita sakit sudah sejak 2017 lalu. Hal ini diketahui melalui foto yang diunggah putra Rudy, Michael Wowor melalui akun Facebook yang diunggah Michael pada 2 Februari 2017.

Dari informasi yang bisa dihimpun dalam foto tersebut, Rudy Wowor terbaring lemah di Rumah Sakit Polri R.S. Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur.

Rudy termasuk salah satu aktor yang memiliki dedikasi di industri film lebih dari 20 tahun. Dia mengungkapkan kiat khusus untuk bisa bertahan dari era yang kini bersaing dengan para aktor muda.

“Kejujuran terhadap peran yang kita realisasikan, wujudkan. Walaupun itu fantasi, tapi kita tahu itu telah ditulis. Tapi, orang karakter seperti itu bisa,  pasti ada. Jadi, kita harus bukan sekadar kulit saja. Jiwanya, psikologinya, mengeluarkan dengan honesty, jujur dan nyata,” kata Rudy dalam acara Nite Time Metro TV, Oktober 2016.

Rudy Wowor meninggal dunia pada Jumat, 5 Oktober 2018. Hingga berita ini diturunkan, Rudy masih disemayamkan di rumah duka di kediamann putranya, Michael Wowor, di Perumahan Pesona Khayangan Blok DC No. 3, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat.

(ASA)